Friday, December 12, 2008

Bensin Turun Gopek

Berita lumayan menggembirakan dengan turunnya bensin premium, walhasil kita bisa makin nabung jika tiap hari memakai transportasi kendaraan pribadi.

Kalau berdasarkan itungannya Pak KKG di http://www.koraninternet.com/webv2/lihatartikel/lihat.php?pilih=lihat&id=10819, yang menurut saya ada benarnya, dimana dengan harga bensin premium di 5500, sebenarnya kita memberi subsidi ke pemerintah.

Tapi saya ambil positifnya saja, kan pemasukan dari pajak untuk APBN masih rendah, jadi pemerintah sengaja mengambil pemasukan dari harga bensin. Ini bisa analog dengan cukai rokok yang mana para penjual bakso, kaki lima, warteg, usaha kecil dll (sektor informal) yang walaupun keuntungan pertahunnya diatas PTKP (Pendapatan Tidak Kena Pajak), mereka tidak punya NPWP apalagi menyetor pajak. Tapi uniknya, kebanyakan mereka adalah perokok, kerja sambil ngrokok, dan cinta banget rokok. So, sambil kerja bayar cukai ....

Cerdik juga ya?

Dulu sempat di Eropa, dimana pedagang kebab-pun, kalau disini ya mirip warteg lah, punya struk penjualan lengkap dengan pajaknya.

Selamat berakhir pekan! Walaupun dengan beli bensin dan rokok kita menyumbang negara, jangan boros-boros!

No comments: